Happy Cat Kaoani

Minggu, 20 Desember 2015

I CAN SEE YOUR VOICE: Karena Buta Nada Harus Tampil!

Berapa banyak acara ajang pencarian bakat dalam bidang tarik suara yang disiarkan di teve? Tak terhitung! Ada The Voice, Indonesian Idol, X Factor, Akademi Fantasi Indosiar (AFI), Kontes Dangdut Indonesia (KDI), D'Academy, dan masih banyak lagi.

Bosan? Iyalah! Ajang pencarian bakat pastinya hanya akan menampilkan orang-orang yang berbakat dan bertalenta. Yang suaranya pas-pasan atau nggak keren, hanya bisa memimpikannya dalam tidur. Kadang juga, ada penyanyi yang suaranya bagus, tapi nggak lolos karena bukan kriteria juri, perolehan dukungan yang kurang, dan lain-lain. Kecewa? Pastilah! Udah capek-capek kirim SMS, ketik hashtag banyak-banyak, toh juga tetap nggak lolos.

Tapi di Korea, ada acara musik misterius yang akan membuat kita terkejut di awal hingga akhir acara!
***
Poster acara musik 'I Can See Your Voice 2'
Namanya I Can See Your Voice. Dibawakan oleh Leeteuk Super Junior, Kim Bum-soo, dan komedian Yoo Se-yoon; acara ini sudah tayang selama dua season di Channel M. Acara ini cukup unik dan mendapat tanggapan yang cukup bagus.

Di setiap episode, dihadirkan bintang tamu yang cukup berpengalaman dalam perindustrian musik. Tugasnya 'sederhana', yakni bintang tamu harus menebak peserta yang buta nada di antara tujuh orang peserta dibantu beberapa panelis; dan dibagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama yakni tebak gaya. Peserta diminta berpose saat menyanyi sementara para MC akan memperkenalkan nama dan latar belakangnya secara singkat (sebelumnya di season pertama, babak ini mengungkap suara mereka saat menyanyi---dalam bentuk rekaman video---selama 0,5 detik). Setelah mereka semua diperkenalkan, bintang tamu dibantu saran dari panelis menebak dua orang yang buta nada. Mereka yang terpilih harus maju ke Panggung Kebenaran untuk membuktikan apa mereka buta nada atau penyanyi andal dan secara otomatis akan gugur.

Sesi selanjutnya adalah adu lipsync. Lima orang yang bertahan akan menunjukkan kemampuan lipsync sebuah lagu. Setelah semuanya selesai, bintang tamu dan panelis kembali harus menebak dua orang, dan yang terpilih harus menunjukkan di panggung untuk membuktikan anggapan panelis, bintang tamu, dan penonton. Di babak ini disediakan 'bantuan' bernama Peluang Bum-soo. Bintang tamu dapat menggunakan ini untuk menebak penyanyi yang dianggap 'masih misterius'. Jadi, MC Kim Bum-soo diberi kesempatan mendengar suara salah satu peserta (yang dipilih bintang tamu) saat menyanyi melalui earphone. Bintang tamu harus menebak apa peserta tersebut buta nada atau bukan melalui ekspresi Bum-soo saat mendengarkan suara peserta.

Sesi ketiga adalah tebak kebenaran. Tiga orang peserta yang tersisa akan menunjukkan bukti bahwa mereka penyanyi andal melalui foto. Bintang tamu akan diberi kesempatan berdiskusi dengan panelis soal foto yang ditunjukkan selama 100 detik. Setelah itu, bintang tamu akan memilih seorang di antara mereka.

Yang terakhir adalah bicara melalui mata. Dua orang ini akan menunjukkan kesungguhan mereka melalui tatapan mata kepada bintang tamu. Setelah kontak mata yang singkat, bintang tamu harus memilih siapa yang akan diajak berduet sementara yang lainnya akan naik ke panggung untuk membuktikan. 

Jika yang terpilih berduet dengan bintang tamu adalah penyanyi andal, dia akan dibuatkan album. Tetapi jika buta nada, ia akan mendapatkan uang sebanyak 5.000.000 Won (US$ 5000 = Rp 70.000.000 [kurs US$ 1 = Rp 14.000])

***
Yang menarik di sini adalah para peserta tidak boleh berbicara sepatah kata pun hingga MC mempersilahkan mereka. Pun saat peserta terpilih untuk berduet dengan bintang tamu, mereka tidak boleh mengeluarkan suara hingga gilirannya menyanyikan part lagu.

Kadang untuk mengecoh panelis dan bintang tamu, tim kreatif menambahkan beberapa properti. Seringkali, panelis dan bintang tamu kecele karena hal ini. Hal ini membuat kita mengingat (lagi) pepatah lama: jangan pernah menilai orang dari luarnya doang!

Bagi saya pribadi, acara ini cukup seru. Apalagi konsep yang ditawarkan cukup unik, dimana buta nada dan penyanyi andal berbagi panggung yang sama. Ada banyak cerita yang diungkap, dan di balik itu semua kita disadarkan pada fakta bahwa jalan yang mereka tempuh untuk mencapai impian tersebut tidak mudah.

Yang penasaran, silahkan tonton di Channel M setiap hari Sabtu, pukul 17.00 WIB atau search videonya lewat Youtube. Berikut ini beberapa cuplikan klipnya.




I Can See Your Voice season 1










I Can See Your Voice season 2









Tuli nada, jangan pernah minder ya! :)

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

2 komentar:

  1. ASLI ACARA INI KEREN ABIS...
    MY FAVORITE "STRONG SCENT OF NATURE - PRIMITIVE SOUL FROM JUNGLE" DAN "GOEJEDO IU FEAT KIM BUM SOO"
    KEREN BUANGET....
    RATTING +++1 UNTUK ACARA INI.

    BalasHapus