Happy Cat Kaoani

Selasa, 29 Desember 2015

McFARLAND, USA: Mimpi yang Menjadi Nyata

Poster film McFarland, USA
Setiap orang pasti memiliki mimpi, tetapi tidak semua orang yang berhasil mewujudkannya. Pengorbanan dan tekad yang kuat adalah kunci untuk menuju kesuksesan. Semua itu 'dititipkan' oleh Tuhan untuk orang-orang pilihan...
                                                          
McFarland adalah sebuah kota kecil yang terletak di California. Kota yang mulanya 'normal' mendadak 'bermimpi' karena kedatangan seorang pria.

Jim White (Kevin Costner), istrinya Cheryl White (Maria Bello), serta kedua putrinya Julie White (Morgan Saylor) dan Jamie White (Elsie Fisher) datang ke kota ini setelah Jim dipecat sebagai pelatih football karena tidak sengaja melukai salah seorang anak asuhnya. 

Saat mereka tiba, segalanya terasa sunyi dan asing. Tidak mudah untuk berkomunikasi dan mengakrabkan diri dengan penduduk sekitar, karena sebagian besar penduduk McFarland adalah ras Hispanik atau Latino. Tapi Jim berusaha meyakinkan keluarganya bahwa kondisi ini hanya sementara. Setelah keuangan mereka membaik, mereka akan pindah ke 'kota yang lebih baik'.

Jim kemudian diterima sebagai guru olahraga (physical education teacher atau PE teacher) sekaligus asisten pelatih futbol di SMA McFarland. Selama mengajar PE, Jim sering memperhatikan beberapa siswa; Victor Puentes (Sergio Avelar) dan Johnny Sameniego (Hector Duran)---keduanya dikeluarkan dari tim futbol sekolah---yang berlari lebih cepat dibanding teman-temannya yang lain.

Jim kemudian menemui kepala sekolah, Camillo (Valente Rodriguez), agar mengijinkannya membentuk tim untuk mengikuti lomba lari lintas alam untuk memperebutkan gelar juara se-California. Setelah mendapat persetujuan, melalui bantuan Johnny, Jim kemudian merekrut enam orang; dimulai dari Victor; Diaz bersaudara (Danny Diaz [Ramiro Rodriguez], David Diaz [Rafael Martinez], Damacio Diaz [Michael Aguero]); Jose Cardenas (Johnny Ortiz); dan terakhir Thomas Valles (Carlos Pratts).

Berbagai kendala dihadapi Jim. Minimnya fasilitas, konflik dengan orangtua Diaz bersaudara, masalah keluarga Valles, waktu keluarga yang berkurang karena latihan, rasa minder anak asuhnya terhadap tim lain; adalah beberapa hal yang harus ia atasi.

Pada akhirnya, tekad dan keberanian mereka untuk mewujudkan mimpi demi sekolah dan McFarland membuat mereka semakin dekat untuk meraih kesuksesan...
***
Film olahraga ini sangat menginspirasi dan cocok ditonton untuk semua umur. Alur cerita yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele membuat penonton ikut merasakan semangat mereka untuk mengubah nasib. Belum lagi konflik yang dialami pemain membuat emosi kita teraduk-aduk.

Sayang, ada beberapa tokoh yang kehidupan keluarganya 'kurang digali' lebih dalam. Penonton hanya sering melihat kehidupan keluarga Thomas dan Diaz bersaudara. Ditambah dengan kurangnya dokumentasi berupa foto atau lainnya untuk menggambarkan kehidupan tokoh asli di masa mudanya (biasanya diletakkan di awal atau akhir film).


Tapi teman-teman jangan kecewa. Saya punya dua foto yang saya dapat dari internet. Full cast bisa di-klik di siniBaca juga kisah tragis yang terjadi pada tim putri McFarland tahun 1987 (artikel dalam bahasa Inggris, jika ada waktu akan saya terjemahkan).


Dari kiri: Thomas Valles, Victor Puentes, Damacio Diaz, Johnny Samaniego, Jose Cardenas, Danny Diaz, dan pelatih Jim White. Luis Partida tidak ada dalam gambar.  


Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar